space

Translate

07 October, 2012

Tata Cara Melakukan Shalat Hajat

Keutamaan sholat hajat
Shalat Hajat adalah shalat sunah yang dilakukan karena ada suatu hajat / keperluan, baik keperluan duniawi atau keperluan ukhrawi ( amal kita di akhirat ). Agar hajat dikabulkan Allah, banyak cara yang dilakukan diantaranya adalah berdoa dan shalat. Shalat Hajat merupakan cara yang lebih spesifik untuk memohon kepada Allah agar dikabulkan segala hajat, karena arti shalat secara bahasa adalah doa. 

Firman Allah: " Dan mintalah pertolonganlah (kepada Allah) dengan sabar dan shalat " ( Al Baqarah : ayat 45 ).



Pada saat kita sedang beribadah, menghadap Allah maka beribadahlah dengan sungguh-sungguh dengan penuh pengabdian. Misalnya ketika sedang shalat maka lupakanlah semua urusan duniawi dan hanya kepada Allah sajalah kita mengingat dan memusatkan perhatian seolah-olah tidak ada kesempatan lagi untuk mengabdi kepada Allah karena akan mati besok. Demikian pula sebaliknya, setelah kita selesai menunaikan kewajiban kita kepada Allah lalu kita hadapi urusan duniawi dengan penuh perhatian dan perhitungan yang pasti. Kita berusaha dan bekerja keras untuk memperoleh keuntungan duniawi dengan cara yang baik dan benar seolah-olah kita akan hidup selama-lamanya.


~ Cara Melaksanakan Shalat Hajat :

Shalat hajat tidak mempunyai waktu tertentu, asal pada waktu yang tidak dilarang, misalnya setelah shalat Ashar atau setelah shalat Shubuh.Shalat hajat dilaksanakan dengan Munfarid (tidak berjamaah) minimal dua rokaat dan maksimal dua belas rakaat. Jika dilaksanakan pada malam hari maka setiap dua rakaat sekali salam dan jika dilaksanakan pada siang hari maka boleh empat rakaat dengan sekali salam dan seterusnya. 

Sabda Nabi Muhammad SAW : " Siapa yang berwudhu dan sempurna wudhunya, kemudian shalat dua rakaat (Shalat Hajat) dan sempurna rakaatnya maka Allah berikan apa yang ia pinta cepat atau lambat " ( HR.Ahmad ).

1. Niat shalat Hajat didalam hati berbarengan dengan Takbiratul Ihram

 “Ushalli Sunnatan Hajati  raka’atini mustaqbilal kiblati ada’an lillahi ta’ala”  
artinya :(Saya berniat melakukan shalat Sunaah Hajat dua rakaat dengan menghadap kiblat  semata-mata karena Allah SWT) 

2. Membaca doa Iftitah

3. Membaca surat al Fatihah

4. Membaca salah satu surat didalam al quran. Afadhalnya, rokaat pertama membaca surat al Ikhlas dan rakaat kedua membaca ayat kursi (surat al Baqarah:255).

5. Ruku' sambil membaca Tasbih tiga kali dan Doa bacaannya

6. I'tidal sambil membaca Doa bacaannya

7. Sujud yang pertama sambil membaca Tasbih tiga kali dan bacaannya

8. Duduk antara dua sujud sambil membaca bacaannya.

9. Sujud yang kedua sambil membaca Tasbih tiga kali beserta bacaannya.

Setelah rakaat pertama selesai, lakukan rakaat kedua sebagaimana cara diatas, kemudian Tasyahhud akhir setelah selesai maka membaca salam dua kali.

Setelah selesai shalat Hajat bacalah zikir yang mudah dan berdoa sampaikan hajat yang kita inginkan kemudian mohon petunjuk kepada Allah agar tecapai segala hajatnya.

Jangan lupa shalat wajib 5 waktunya jangan di tinggalkan, kalau sudah bisa lancar shalat 5 waktu biasakan dengan sholat tahajud dan sholat hajat di waktu malam. ok :)


SEMOGA BERMANFAAT !!!

tested by me :)
@dhizzzto

Artikel menarik lainnya

Anda mau beriklan seputar bisnis yang anda kelola di sini ? Pesan Segera dengan mudah dan GRATIS silahkan klik tombol ADVERTISE With US untuk mengetahui caranya