Translate

05 November, 2012

keyboard pada komputer jadi tidak fungsi

Percaya Virus Keyboard ?....


Selama 24 jam lebih saya tidak tidur gara - gara mengatasi masalah keyboard yang tidak berfungsi normal. tidak ada tombol selain delete, saya tekan backspace malah muncul kotak - kotak. wah sebelumnya memang bikin pusing dan heran. ini sebabnya apa ya ?

saya coba sudah download dan scan berbagai macam antivirus, tapi hasilnya nol ! bahkan tidak tanggung - tanggung AVG, Smadav, sampai Eset Antivirus 5 sudah saya coba scan semaleman penuh berulang-ulang ternyata tidak ada thread found ?

kemudian saya coba pakai system restore pada safe mode, pilih administrator, klik no dan saya restore dari tanggal 5 november 2012 saat ini ( tanggal dimana saya mengalami pengalaman ini ) tak kembalikan restore ke tanggal 5 mei 2011. nah konyolnya masih saja rewel keyboardnya.... dan anehnya bisa-bisa sendiri.

kebetulan saya mengalaminya di pc client warnet, mumet lagi ceritanya, setiap coba mesti exit administrator pasword. buset, nah untuk membukanya untung saya pakai billing yang bisa remote client. ( pc man ). saya remote dari server, lakukan login admin. dan saya coba ketik password admin. wah gila lagi dari keyboard server saja tidak bisa. padahal keyboard diserver jelas - jelas berfungsi. tanda tanya pada pikiran saya ...
akhirnya saya coba buka notepad pada server dan ketik pasword admin disitu lalu saya copy. dan mulai saya remote lagi pc klien   yang bermasalah. nah triknya setelah muncul login admin tinggal klik kanan pada mouse dan paste. yess billing kebuka... seneng saya.

tapi malah masalah itu semakin jelas kelihatan konyolnya, saya coba klik menu dekstop seakan-akan tombol ctrl ketekan sendiri. jadi terseleksi semua ikon-ikon dekstop saya. waaduh tambah ribet. akhirnya saya cocokkan satu per satu task manager yang aktif pada komputer klient bermasalah dengan komputer klient sebelahnya. wah sampai saya catat pakai hp nokia 5320xm di note active. kodenya pun saya singkat dari paling atas alg.exe saya singkat a, dan seterusnya sampai windows control dekstop paling bawah ( pada task manager ). tak cocokin deh satu-persatu. dengan penuh kesabaran. trus tak disable yang beda atau yang aeh-aneh pada task manager. apply restart. dan hasilnya nol. padahal ini pernah saya lakukan ketika semua folder flashdisk sodara saya ke hiden tyju turunan. loh kok tuju turunan ? mungkin sampai 100 turunan lebih kalo gak cepet-cepet di benerin. bagaimana tidak setelah capek-cape unhide pakai smadav  bolak balik kerumah, di colokin ke laptop malah kehiden lagi. ya akhirnya laptop sodara saya tak pinjam dan coba riset dirumah. akhirnya berhasil dengan cara tadi.

back to topik, yang terakhir saya lakukan sebelum memvonis keyboard ini rusak. yaitu pakai boot linux. haduh ribet, mana komputer klient tidak ada DVD rw nya. saya baru saja bongkar-bongkar pc server gara-gara motherboard sudah tidak layak pakai ( hitung-hitung riset ). saya langsung browsing saja. dan menurut bukti-bukti online dari google ternyata banyak yang bisa setelah loading pakai linux. Berarti keyboard tidak rusak.

saya berfikir pasti ada yang aneh pada system 32 nya, nah selanjutnya saya coba cari aplikasi system 32 checker. yes akhirnya ketemu. dengan hati bahagia saya instal dan mulai saya jalankan. tiba-tiba muncul peringatan dari avg 2013 saya. muncul virus kuda troya.HOB . sialan batin saya udah susah -susah download malah filenya ke inveksi. trus muncul rasa nekad saya. klik kanan pada try icon avg dan nonaktifkan sementara 10 menit. lalu saaya instal lagi dan #jlebb malah ke inveksi  komputer saya. nyesel tidak percaya avg 2013 saya. langsung saya scan lagi dan lagi pakai smadav, eset dan avg 2013 aktifkan lagi. nah hilang deh virus - virus kecil tapi bikin sakit hati. langsung tanpa basa-basi system 32 checker saya unisstal sampai ke akar-akarnya pakai revo unistaller. jreng bersih langsung...

tapi masalah belum selesai, keyboard masih rusak, yah pakai jurus terakhir  Berdoa memohon petunjuk dari gusti Allah S.W.T kebetulan udah jam 4 pagi, ijin tidur sebentar. jreng akhirnya pikiran saya be 100 % lagi. buka komputer klient browsing-browsing dikit. tiba-tiba langsung ketemu thread keyboard rusak karena virus. wah komennya banyak sekali ada 116 komentar saya baca satu-persatu. dari komen tersebut ternyata memanfaatkan hasil riset-riset mereka dan kesalahannya ada manfaatnya juga. langsung saya praktekkan. Subhanallah, akhirnya bisa.... alhamdulillah to gusti Allah S.W.T yang telah meng izinka saya mengetahui masalah ini. pengalaman baru. ternyata ini disebabkan karena adanya perbedaan stirng atau nilai yang merubah sistem kerja cmos dan bios sehingga keyboard tidak berfungsi. saya klik load optimize default pasword, lalu pada system info halt on di bawahnya tepat ada tulisan keyboard saya klik enable. dan saya cari tab lagi yang berhubungan dengan keyboard yaitu boot numlock status saya buat off. saya restart komputer dan saya coba ktik lagi alhamdulillah bisa.

jika belum bisa, klik run, regedit HKEY USER\ CONTROL PANEL \ KEYBOARD
ubah string indikator
0 = off
2 = num lock on
restart,
tergantung kebutuhan kerusakan yang mau dibenarkan nyala atau mati..

contoh pada win 7


dan akhirnya langsung saya gunakan untuk ngetik pengalaman saya di blogger ini, setelah hampir selesai pasang deepfreeze alhamdulillah sarapan pagi sudah ada... selamat makan .. dan jangan lupa bersyukur tiap hari.. oke


SEMOGA BERMANFAAT !!!

TESTED BY ME @dhizzzto ( 5 NOVEMBER 2012 )
WIN XP SP 2
PCMAN

6 komentar:

  1. klo ada tombol yg yg dipncet tp mnculx lain prnah ngalamin g??
    cntoh tmbol h dipncet yg mncul jklm/1
    trus tmbol fn g brfungsi jg.
    gmn solusix tuh???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo itu keyboard laptop, silahkan ikuti langkah2 saya tersebut.
      tapi kalo keboard USB komputer/ PC, berarti itu emang sudah rusak jalurnya. beli yang logitech aja, harga mahal tapi awet.

      Hapus
  2. mas, langkah2nya masih membingungkan. ada baiknya lebih sistematis dan dikasih keterangan berupa gambar

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih masukannya, iya saya coba nanti update dengan gambar-gambar tutorial. masalahnya postingan ini langsung saya buat di client warnet(tidak ada software pengolah gambar : photoshop dll. ) sebagai bahan catatan saya kalau mengalami hal yang sama.

      Hapus
  3. mas, kalo keyboard (laptop) punya temen ane, cuma tombol space,2,3 yg tidak bisa di gunakan, itu gimana solusinya???

    BalasHapus
  4. Masalah Mas Bro sama persis dgn saya. Saya pengen coba terapkan cara ente tapi ane bingung mulai dari mana
    Os yg saya gunakan win7

    BalasHapus

Apabila bermanfaat silahkan tinggalkan kesan / saran dan komentar anda, atau beri tanda +1 pada bawah postingan. Thanks sudah berkunjung
bertutur katalah dengan baik dan sopan

  • nikmati browsing dengan layanan yang menakjubkan dari kami.
  • Desain minimalis dengan harga pas.
  • Ciptakan suasana harmony keluarga anda.
  • Desain yang purity, menciptakan suasana alam yang sejuk dan dingin.

Artikel menarik lainnya

Anda mau beriklan seputar bisnis yang anda kelola di sini ? Pesan Segera dengan mudah dan GRATIS silahkan klik tombol ADVERTISE With US untuk mengetahui caranya